Saturday, January 14, 2012

kalian tau tidak mengapa negara kita dinamakan "Indonesia" ? Mau tau? Read this!

Pada zaman dahulu kala, sebelum tercipta nama Indonesia, terdapat aneka sebutan untuk kepulauan tanah air. Menurut catatan bangsa China, kawasan kepulauan tanah air disebut Nan Hai (Kepulauan Laut Selatan). Sedangkan bangsa India menyebut Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang). Sementara bangsa Arab menyebut tanah air kita Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa).
Kemudian datanglah bangsa-bangsa Eropa ke kepulauan tanah air. Mereka beranggapan bahwa benua Asia hanya terdiri dari Arab, Persia, India, dan China. Mereka kemudian menamai daerah yang terbentang luas dari Persia hingga China itu dengan sebutan Hindia. Ternyata masih ada daerah kepulauan tanah air kita yang disebut Kepulauan Hindia. Sebagai daerah jajahan Belanda, maka disebut Hindia Belanda yang dikenal menghasilkan rempah-rempah.
Nah, tahun 1847 di Singapura terbit sebuah majalah ilmiah tahunan Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA) yang diketuai oleh Pak James Richardson Logan, etnolog dari Skotlandia. Dalam salah satu tulisannya dijurnal tersebut, Pak Logan untuk pertama kalinya menulis kata Indonesia. Sebagai ilmuan tentang masalah kebudayaan suku bangsa, Pak Logan menggabungkan kata “India” yang banyak menghasilkan rempah-rempah dan “nesos” yang berarti kepulauan. Maka, terciptalah nama Indonesia.
Aha, rupanya Pak Logan tak mengira bahwa dikemudian hari, nama Indonesia akan menjadi resmi nama Negara Republik Indonesia. Bahkan untuk selama-lamanya.

0 comments:

Post a Comment